Cara Mengkilapkan Bulu Merpati Jadi Cerah dan Lembut

Cara Mengkilapkan Bulu Merpati, Bulu merpati yang mengkilap mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan merpati dengan bulu kusam atau kusut. Selain secara tampilan lebih indah dipandang juga akan memberikan dampak yang menguntungkan bagi burung saat terbang.

Bulu merpati yang licin mengkilap akan meredam gesekan bulu dengan udara saat terbang, sehingga akan lebih menghemat tenaga. Selain itu bulu yang sehat biasanya lebih fleksibel jadi merpati akan lebih kencang larinya dibanding bulu kusam yang kaku.

Secara alami merpati memproduksi minyak dari tubuhnya melalui kelenjar minyak atau bahasa kerennya brutu. Dari brutu ini merpati menghasilkan minyak untuk melumuri bulunya.

Sehingga bulu tidak cepat aus / grepes / kusut saat bergesekan dengan udara atau saat terkena air, bulu jadi lebih tahan air seperti ada lilin/minyak yang melapisinya.

Dalam kondisi burung yang sehat produksi minyak pada kelenjar minyak (brutu) akan lebih banyak jika dibandingkan dengan burung yang sedang dalam keadaan drop. Oleh karena itu bulu yang mengkilap/cerah adalah salah satu tanda burung sehat atau dalam kondisi fit.

Sedangkan dalam kondisi drop burung sakit, mabung, meloloh anakan, stres dll. Maka bulu burung akan terlihat sedikit kusam, karena produksi kelenjar minyaknya yang berkurang akibat dari pemulihan tubuh dari kondisi drop.

Cara Membuat Bulu Merpati Mengkilap

Agar mengkilapkan bulu merpati menjadi lebih cerah dan bersih ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan, berikut diantaranya.

1. Memberikan Lemak Sehat

Lemak sehat bisa diberikan pada merpati untuk memaksimalkan kerja hormon dan produksi minyak pada kelenjar minyak (brutu).

Lemak baik bisa bersumber dari biji-bijian atau kacang-kacang, seperti kacang tanah, kacang hijau, biji hemp seed. Bisa juga bersumber dari minyak-minyakan. Seperti minyak ikan, minyak zaitun, minyak VCO, minyak alpukat, Vitamin E, dan lain sebagainya.

Pemberian bisa dispet, bisa ditetes ke mulut, diloloh ke mulut langsung, bisa juga dicampur didalam pakan. Sesuaikan saja dengan bahan yang dipakai.

2. Berikan Kalsium / Sumber Mineral

Pemberian kalsium/calc/kalek bisa menjadi sumber tambahan pembentuk bulu. Kekurangan kalsium dan mineral bisa mengakibatkan bulu burung menjadi rapuh kaku kurang fleksibel.

Kalsium bisa bersumber dari calc/suplemen kalsium yang dijual di apotik atau dari grit merpati (asinan merpati) yang terdiri dari kulit cangkang telur, kerang, batu bata, atau pasir.

grit untuk merpati

Bulu yang fleksibel lentur bisa membantu meningkatkan daya kepak burung sehingga sehingga akan lebih hemat tenaga dan menambah speed.

3. Rutin Mandi

Rutin memandikan merpati juga dapat membuat bulu yang tadinya kusam bisa kembali bersih. Mandi sebenarnya tidak berfungsi untuk mengkilapkan bulu, hanya membersihkan bulu dari debu dan kotoran.

Memandikan merpati juga tidak boleh terlalu sering, karena akan mengikis lapisan minyak dan ‘bedak’ merpati. Cukup seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Saat bulu basah kuyub juga jangan langsung dijemur di terik matahari, melainkan ditiriskan terlebih dahulu agar kandungan air di bulu berkurang. Tujuannya agar bulu burung tidak kusut saat kering nanti.

Mandikan dengan air bekas cucian beras juga bisa membantu melembutkan bulu merpati. Butiran beras halus pada bekas cucian beras bisa membantu melapisi bulu seperti ‘bedak’.

4. Pakai Obat Kutu

Untuk pencegahan bulu tumbuh tidak normal dan kusut maka pemberian obat kutu juga penting. Disamping menjaga keindahan bulu juga menjaga performa burung agar tetap baik.

Jika bulu yang sedang tumbuh (bulu sedotan) digigit oleh kutu maka nantinya bulu akan tidak normal tumbuhnya.

Selain itu burung yang bebas kutu maka dia akan terbang tenang, istirahat juga tenang. Sehingga dapat memperbaiki performa burung.

Obat kutu bisa menggunakan yang alami seperti daun sirih, rebusan air daun sereh dll. Untuk yang buatan juga tersedia berbagai merk dipasaran.

Nah itulah beberapa cara untuk membuat bulu merpati cerah mengkilap.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.