Cara Agar Merpati Betina Cepat Bertelur

Cara Agar Merpati Betina Cepat Bertelur

Merpati Betina Cepat Bertelur – Dalam memelihara burung merpati salah satu hal yang sering menjadi masalah dalam merawatnya yaitu burung betina yang susah atau telat bertelur.

Padahal betina yang rajin bertelur atau tepat dalam bertelur tentu akan lebih memudahkan dan lebih baik bagi merpati player yang dimainkan atau merpati indukan untuk ternak.

Pasalnya merpati betina yang tepat telurannya akan sangat membantu dalam mengatur siklus giring merpati yang dimainkan. Sehingga merpati akan mudah untuk beristirahat dan nantinya siap untuk dimainkan kembali.

Juga merpati betina yang mudah bertelur akan memudahkan para peternak dalam memproduksi anakan merpati yang diinginkan.

lalu bagaimana caranya agar merpati betina cepat bertelur? Karena kita sering dapati burung betina itu sulit untuk bertelur, terutama burung baru.

Sebelum itu kita bahas terlebih dahulu kenapa burung tidak bertelur agar kita tahu secara menyeluruh penyebabnya sehingga kita bisa mengatasinya dengan tepat.

Penyebab Burung Tidak Bertelur

  1. Belum adaptasi lingkungan. Biasanya terjadi pada burung baru, burung butuh waktu untuk adaptasi dengan lingkungan baru. Lamanya adaptasi burung berbeda-beda bisa hitungan minggu atau bulan.
  2. Kurang vitamin. Burung yang kekurangan vitmain juga bisa mengalami macet telur atau tidak lancar dalam bertelur. Terutama kekurangan vitamin E (Vi Oil).
  3. Kekurangan mineral. Mineral adalah salah satu pembentuk telur, terutama cangkang telur. Burung yang kekurangan mineral biasanya kurang subur dan lama bertelurnya.
  4. Kurang kawin. Biasanya betina yang tidak bertelur juga diakibatkan karena kawinnya kurang, sehingga proses pembuahan terhambat.
  5. Kurang protein. Protein merupakan salah satu pembentuk pada telur, merpati yang kekurangan protein bisa saja tidak bertelur atau macet telur.
  6. Betina sudah mandul. Ini biasanya terjadi pada burung yang sudah tua diatas 5 tahun.
  7. Jantan mandul. Tidak sepenuhnya dikarenakan betinanya, terkadang juga dikarenakan jantannya yang mandul dan tidak membuahi betina. Treatment terbaik yang tepat dilakukan pada keduanya.
  8. Burung terlalu muda. Pada burung piyik atau burung yang terlalu muda biasanya organ reproduksinya belum matang sempurna, sehingga terkadang telat bertelur. Oleh karena itu perlunya waktu dan kesabaran.

Lalu bagaimana agar merpati betina cepat bertelur? Berikut beberapa terapi dan perawatan yang bisa dilakukan.

Agar Merpati Cepat Bertelur

  1. Berikan kandang yang nyaman dan ruang yang cukup. Tempatkan merpati pada kandang yang memadai agar burung mudah dalam beradaptasi. Melakukan pengumbaran tentunya lebih baik.
  2. Berikan vitamin E rutin pada burung, vitamin e bisa menggunakan natur E, Ever E dll yang bisa dibeli di apotik atau bisa menggunakan Vi Oil racikan saya sendiri yang bisa dibeli di toko online atau kontak saya (089 165 441 132).
  3. Berikan grit sebagai sumber mineral. Grit merpati sangat penting untuk kebutuhan mineral burung. Baca fungsi Grit merpati.
  4. Berikan makanan yang tinggi protein. Beberapa teman merpati terkadang memberikan beberapa makanan tinggi protein seperti telur keong sawah, terasi, pelet ikan lele, atau voer ayam petelur. Makanan dengan protein tinggi bisa memperbaiki sel-sel yang rusak dan diharapkan bisa memperbaiki sistem reproduksi pada merpati.

Untuk burung merpati baru biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bertelur, karena membutuhkan adaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan.

Merpati yang masih muda atau terlampau tua juga terkadang mengalami macet telur sehingga perlunya kesabaran agar produksi telur merpati tetap lancar jaya.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.