Agar Piyik Merpati Cepat Brancah, Versi Lengkap

Cara agar piyik merpati cepat berancah gimana? Piyik yang cepat dewasa tentunya lebih sangat disenangi oleh beberapa penghobi karena burung akan cepat dijodohkan dan tentunya cepat untuk dimainkan. Juga biasanya burung yang cepat berancah akan lebih mudah dilatih atau tidak rewel dilatih.

Lalu bagaimana cara membuat burung merpati piyik agar cepat brancah? Oke sebelum itu kita bahas dulu apa itu brancah dan faktor apa saja yang mempengaruhi burung merpati brancah.

Brancah adalah salah satu istilah atau sebutan para penghobi burung merpati untuk menggambarkan burung jantan yang sudah mulai dewasa atau sudah dewasa dan sedang mencari pasangan atau betina.

Biasanya ditandai dengan burung yang sering atau rajin bekur baik itu bekur sendiri ataupun menggoda burung lainnya. Selain itu suara bekur nya juga sudah mulai lantang dan jelas. Prilaku bekunya juga disertai dengan gerakan memutar-mutar dan mengibaskan ekor ke tanah.

merpati siap dijodohkan
merpati brancah siap dijodohkan

Waktu piyik berancah ini sangat dipengaruhi oleh karakter atau genetik dari burung itu sendiri. Saat burung merpati mulai berancah atau mulai dewasa terjadi peningkatan beberapa hormon dalam tubuhnya, baik hormon pertumbuhan maupun hormon seks.

Dengan meningkatnya hormon-hormon kedewasaan dalam burung biasanya burung akan terlihat lebih besar dibandingkan saat sebelum berancah, bulu-bulu juga mulai mabung atau rontok dan mulai berganti ke bulu dewasa (dipengaruhi hormon seks).

Cepat atau lambatnya dan banyak atau sedikitnya hormon keluar sangat dipengaruhi oleh genetik masing-masing dan dipengaruhi perawatan burung masing-masing. Setiap burung bisa berbeda-beda waktu keluarnya sehingga mempengaruhi usia brancahnya.

Agar Piyik Merpati Cepat Brancah?

Memang sebagian besar cepat atau lambatnya berancah pada burung merpati dipengaruhi oleh genetik tapi kita bisa melakukan perawatan atau treatment untuk membantu mempercepat atau memperbanyak keluarnya hormon tersebut sehingga piyik cepat brancah. Berikut diantaranya:

1. Rajin menjemur burung

Cahaya matahari sangat mempengaruhi kerja dari kelenjar pineal. Kelenjar pineal ini adalah salah satu organ yang banyak mengatur hormon. Sehingga dengan rajin menjemur burung merpati tentunya akan mempercepat atau memperlambat cara kerja dari kelenjar pineal tersebut yang mengakibatkan burung lebih cepat keluar hormon dan lebih cepat brancah.

Penjemuran piyik merpati yang terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Usia 1 minggu sampai 3 Minggu bisa dimulai dari 5 sampai 15 menit. Usia 3 minggu sampai 4 Minggu bisa sekitar 15 sampai 30 menit. Untuk usia diatas 1 bulan bisa mulai 10 sampai 60 menit.

Penjemuran dihentikan saat burung memasuki masa mabung, karena jika mabung dan terlalu sering dijemur maka bulu-bulu akan sulit untuk copot. Cukup diumbar saja biar burung tidak kaku dan mabung cepat selesai. Biasanya setelah mabung hormon-hormon pendewasaan lebih cepat keluar.

2. Memberikan lemak yang sehat

Pemberian lemak yang sehat juga dapat mempercepat terbentuknya hormon pendewasaan. Karena karena lemak yang sehat ini merupakan salah satu ‘bahan baku’ pembentuk hormon.

Lemak sehat ini bisa berasal dari makanan atau dari minyak-minyakan. Minyak-minyakan yang sehat seperti apa? Teman-teman bisa menggunakan minyak VCO, minyak zaitun, minyak alpukat, minyak ikan (penggunaan minyak ikan harus dengan perhatian khusus) dan minyak lainnya.

Saya pribadi menyarankan produk Provil minyak esensial untuk merpati produksi duniahobi sendiri. Provil ini dibuat dari berbagai minyak minyak nabati atau minyak minyak esensial dengan sedikit sekali campuran minyak ikan.

suplemen merpati cepat brancah
suplemen merpati cepat brancah

Kenapa menggunakan minyak nabati? karena merpati tidak dapat mencerna sepenuhnya protein yang berasal dari hewan. Terdapat batasan untuk memproses protein tersebut sehingga dapat memberatkan pencernaan merpati kedepannya jika berlebihan pemberiannya.

Penggunaannya bebas yang penting minyak-minyakan tersebut bisa masuk ke dalam tubuh merpati. Bisa ditetes langsung ke mulut 2-3 tetes setiap 1 minggu 2x ataupun dicampur dengan pakan sehari-hari (kira-kia saja takarannya).

Selain dari minyak-minyakan lemak sehat bisa didapat dari berbagai jenis kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang tanah, biji bunga matahari, hemp seed, milet, dan lain sebagainya. Teman-teman bisa memberikannya sebagai camilan atau campuran pakan pada burung merpati.

3. Memberikan vitamin E

Pemberian vitamin E pada merpati bisa juga mempercepat atau membantu pematangan organ reproduksi sehingga burung merpati lebih cepat branca dan lebih cepat birahi.

Vitamin E biasanya bersumber dari lemak-lemakan yang sehat (seperti disebut di atas) dan juga bersumber dari suplemen yang sudah tersedia di pasaran dengan berbagai macam merk. Bebas silakan pilih masing-masing sesuai selera.

Saya pribadi menyarankan produk Vi Oil untuk suplemen vitamin E merpati teman-teman. karena bersumber dari lemak sehat dan bersumber dari bahan alami 100%.

4. Menggunakan indukan yang sudah matang

Indukan yang reproduksinya sudah matang biasanya akan lebih mudah menghasilkan anakan yang cepat berancah atau cepat dewasa. Bagaimana cara mengetahui burung tersebut sudah siap dijadikan indukan atau sudah matang? silakan tonton saja video di bawah ini.

Nah beberapa cara diatas merupakan salah satu cara yang umum saya gunakan. Sekiranya cocok dengan cara teman-teman silakan dipakai walaupun tidak cocok dengan silakan ditinggalkan.

5. Melakukan Penjemuran dan Merpati di Box

Merpati yang sudah mulai mabung (biasanya lar 7-5) bisa juga menerapkan perawatan dengan cara di box atau dimasukkan kedalam gupon dikandang terpisah sendirian.

Saat pagi burung dijemur 10-60 menit tergantung situasi kondisi. Lalu setelah selesai dijemur merpati dimasukkan kedalam box atau gupon (beri minum di dalam gupon).

Lalu saat sore hari burung dikeluarkan dari gupon, bisa juga di umbar. Setelah itu beri makan sampai kenyang. Saat malam burung kembali digupon sampai pagi dan begitu seterusnya sampai burung brancah.

Melakukan pengguponnan ini bertujuan agar insting burung berkembang biak jadi lebih cepat aktif, karena dia merasa punya rumah sendiri dan daerah sendiri. Selain itu perpaduan gelap terang saat dijemur dan dibox bisa merangsang terbentuknya hormon dewasa pada piyikkan.

Atau bisa menonton video agar piyik cepat berancah dibawah ini di channel dunia hobi.

Jika burung tetap lama branca atau nama untuk berjodoh berarti memang sudah secara genetik burung tersebut sulit untuk jodoh. Cara salah satunya yaitu dengan bersabar dan tetap dirawat dengan baik.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.