Umur dan Lar Berapa Piyik Merpati Bisa Dijodohkan?

Umur dan Lar Berapa Piyik Merpati Bisa Dijodohkan? Pertanyaan ini sangat serius sekali ditanyakan oleh teman-teman khusus untuk teman-teman yang mungkin baru mulai memelihara burung merpati.

Pasalnya menjodohkan burung merpati merupakan salah satu langkah pertama untuk bermain burung merpati. Karena sebelum burung merpati dimainkan atau sebelum bisa giring tentu terlebih dahulu harus dijodohkan.

Untuk merpati yang sudah dewasa atau sudah siap jodoh tentu saja akan lebih mudah, karena kita tinggal menyatukan saja burung tersebut dalam satu kandang antara jantan dan betina. Tetapi untuk merpati piyikan atau burung muda tentu saja kita harus menunggu waktu yang tepat untuk menjodohkannya.

Karena burung muda atau burung piyikan biasanya masih galak dan tentu akan sulit berjodoh pada awalnya. Oleh karena itu kita harus sabar menunggu burung tersebut untuk siap berjodoh dan tidak terlalu galak pada pasangannya.

usia dan lar berapa merpati dijodohkan
usia dan lar berapa merpati dijodohkan

Mulai Usia Berapa Merpati Dijodohkan?

Pada umumnya burung merpati siap dijodohkan antara usia 3,5 bulan – 4,5 bulan. biasanya rentang umur 3 sampai 4 bulan tersebut udah mulai brancah bagi jantan atau lenjeh bagi betina.

Branca yaitu proses pendewasaan pada burung merpati yang mana jantan sudah mulai mencari betina/pasangan. Lenjeh yaitu prilaku menerima jantan, biasanya dengan mengangguk-angguk atau jongkok posisi kawin, terkadang juga dengan disertai bekur kecil.

Mulai Lar Berapa Merpati Dijodohkan?

Lar merpati dijodohkan itu tidak tentu karena bisa berbeda-beda setiap individu burungnya. Ini semua bergantung pada bawaan burung itu sendiri. Ada yang cepat brancah ada juga yang lama brancahnya.

Tetapi rata-rata burung merpati siap jodoh itu pada umumnya terjadi saat burung menginjak piyik lar sisa 5 sampai sisa lar 2. Ada juga yang jodoh lebih cepat atau lebih lambat, misal lar 9/8/7 sudah ada yang jodoh mau jodoh, bahkan ada juga yang sudah rampas sampai hampir rampasan kedua tetap tidak mau jodoh (sulit jodoh). Ini semua tergantung karakter burung masing-masing (setiap burung tidak sama).

Ciri-Ciri Merpati Siap Jodoh?

Untuk merpati piyikan jantan ciri-ciri siap jodohnya yaitu burung sudah berancah, atau burung sudah mencari betina. Tandanya yaitu burung bekurnya sudah jelas dan lantang, burung rajin bekur, bekur sambil muter-muter dan mengibaskan ekornya menggoda betina, atau bersuara muk muk dengan leher yang besar, dan sudah atau sedang melalui proses ‘mabung’.

Untuk piyikan betina ciri-ciri siap jodohnya yaitu burung jadi lenjeh. Lenjeh yaitu menerima atau mengangguk-angguk saat burung sedang digoda oleh jantan lain, dan juga biasanya berjongkok mengambil posisi untuk kawin.

merpati siap dijodohkan
merpati siap dijodohkan

Selain itu burung yang sudah siap jodoh biasanya memiliki bulu yang sudah berubah atau sudah mabung dan bulu sudah terlihat dewasa, bukan bulu kiang atau bulu piyik. Ukuran tubuh juga sudah terlihat lebih membesar dibanding ukuran saat masih belum siap jodoh.

Nah itulah kira-kira kisaran umur lar merpati piyik dijodohkan. Jika burungnya belum brancah atau lenjeh sabar saja tidak usah dipaksakan tinggal tunggu saja burung tersebut siap dengan sendirinya.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.