Jarak Lomba Merpati Balap Sprint PPMBSI

Jarak Lomba Merpati Balap – Pada lomba burung merpati balap sprint tentu saja ada beberapa aturan main yang berlaku terutama aturan yang sudah dibentuk oleh PPMBSI (persatuan penggemar merpati balap sprint Indonesia). Mulai dari aturan main sampai pada jarak lomba.

Aturan ini penting sekali agar jalannya lomba menjadi tertib dan sportif, karena kita mengacu pada aturan yang sama. Kali ini saya akan membahas spesifik yaitu tentang macam-macam jarak lomba pada yang sering digunakan.

Jarak Lomba Merpati Balap

Saya bagi ini ke dalam tiga bagian

Jarak Pendek atau Sprint

Jarak pendek atau jarak sprint biasa dilakukan pada giringan hari Jumat. yaitu berjarak sekitar 500 meter.

Pada jarak pendek ini biasanya didominasi dengan burung-burung dengan tipe terbang sprint atau ngotot yang sangat kencang mulai dari awal start. Juga biasanya diikuti oleh burung-burung Junior yang sedang belajar tarung

Jarak Sedang

Jarak sedang ini biasanya dilakukan pada hari Sabtu giringan. Yaitu berjarak sekitar 700 meter. Pada jarak ini burung yang mengikuti lomba biasanya campuran ada yang jarak jarak jauh ada juga yang burung-burung sprint karena pada jarak sedang ini semua tipe burung masih bisa masuk.

jarak lomba merpati balap sprint
jarak lomba merpati balap sprint

Jarak Jauh

Lomba jarak jauh biasanya dilakukan pada hari minggu atau puncak lomba. Yaitu berjarak sekitar 1000 sampai 1200 meter. Biasanya diikuti oleh burung burung dengan tipe terbang dengan langkah panjang dan juga burung-burung yang sudah senior, walau tidak menutup kemungkinan burung-burung muda pun ikut lomba.

Itulah beberapa jarak lomba merpati balap. Tetapi pada prakteknya dilapangan terkadang berbeda-beda jaraknya. Jarak pendek ada yang menggunakan 300-500, jarak sedang ada yang menggunakan 600-700, dan jarak jauh ada yang menggunakan 800 900 sampai 1200.

Ini semua tergantung dari kondisi lapangan, kebiasaan pemain, keputusan pengda setempat atau pemain setempat di tempat masing-masing. Karena setiap tempat mempunyai kontur yang berbeda dan kondisi yang berbeda sehingga jarak lomba bisa disesuaikan dengan tempat yang ada.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.