3 Gaya Terbang Merpati Balap yang Sering Juara

3 Gaya Terbang Merpati Balap yang Sering Juara

Gaya Terbang Merpati Balap –┬áBurung merpati balap mempunyai beberapa gaya terbang yang berbeda-beda. Gaya terbang burung merpati ini akan mempengaruhi kecepatan burung dan stamina burung nantinya.

Selain itu beberapa gaya terbang merpati balap memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang mana gaya terbang burung merpati ini akan menjadi kelemahan atau kelebihan saat sedang balapan.

Mengetahui karakter terbang burung merpati balap sangat penting dilapangan. Bukan hanya karakter terbang merpati milik sendiri tetapi mengetahui karakter terbang merpati lawan pun sangat penting.

Karena saat di lapang burung dengan gaya terbang tertentu memiliki kelemahan dengan daya terbang yang lainnya. Sehingga jika mental burung kita kurang kuat bisa saja burung kita mengalami kerugian (mengikuti lain) dan kalah saat lomba.

Pengetahuan tentang gaya terbang burung merpati ini sangat penting terutama bagi joki pelepas. Karena saat balapan joki pelepaslah yang menentukan kapan burung diterbangkan saat start.

Gaya terbang burung merpati balap sprint
Gambar lar sayap burung merpati balap

Berikut ini beberapa gaya terbang burung merpati yang biasanya ditemui di lapangan

Gaya Terbang Merpati Balap

Terbang lurus ke depan

Gaya terbang merpati lurus ke depan adalah salah satu gaya terbang favorit joki. Banyak merpati juara yang memiliki gaya terbang seperti ini.

Dengan gaya terbang lurus ke depan memungkinkan merpati untuk menghemat jalur terbang sehingga jarak terbang menjadi lebih pendek dibanding gaya terbang lainnya.

Sehingga burung dengan gaya terbang seperti ini hanya meninggalkan lawan terutama jika burung dalam keadaan yang prima.

Tetapi kekurangan burung terbang seperti ini yaitu burung harus siap dengan fisik yang prima, otot yang kuat, dan nafas yang panjang.

Gaya terbang lurus ke depan membuat burung mengeluarkan tenaga yang lebih karena tidak dibantu dengan gaya gravitasi seperti layaknya burung yang meluncur dari atas ke bawah.

Jika burung dengan gaya terbang lurus ke depan mempunyai mental lemah, burung galak/mukul, atau burung ngikut bertemu dengan burung yang tipe melambung ke atas biasanya akan kalah.

Karena burung tidak bisa melambung atau menukik ke bawah sebaik lawannya.

Tetapi jika burung memiliki gaya terbang lurus ke depan termasuk burung yang cuek biasanya akan meninggalkan lawannya dengan jarak yang cukup jauh.

Jika sesama burung terbang lurus maka pertarungan akan semakin seru, karena burung saling susul menyusul dengan jarak yang dekat. Orang-orang menyebutnya burung ngetrek.

Gaya terbang burung merpati balap sprint
Gambar burung merpati balap

Terbang melambung ke atas

Gaya terbang melambung ke atas sini mungkin mirip dengan burung tinggian atau kolongan karena burung dari start biasanya akan naik tinggi ke atas.

dan Tetapi setelah jarak tinggal setengah lapang lagi atau mulai melihat geberan maka burung akan menukik ke bawah atau disebutnya burung nge-L.

Gaya terbang melambung ke atas sini bisa menyimpan energi yang cukup efisien. Karena saat burung menukik maka akan dibantu dengan gaya gravitasi sehingga kecepatan terbang bisa lebih tinggi dan energi yg dikeluarkan tidak banyak (otot jadi sedikit istirahat).

Karakter terbang dengan melambung keatas kuncinya adalah kecepatan burung saat turun (nge-L). Jika bertemu dengan burung yang memiliki karakter sama maka kecepatan turun atau Nge-L akan sangat mempengaruhi burung siapa yang akan menang.

Burung dengan gaya terbang melambung ke atas memiliki keuntungan jika bertemu dengan burung yang terbang yang di bawah.

Karena jika burung yang memiliki gaya terbang bawah mempunyai mental yang kurang kuat atau burung lawan mengikuti maka kemungkinan besar akan menang, tetapi jika termasuk burung cuek maka burung yang melambung ke atas biasanya akan kalah karena jarak tempuh yang cukup jauh.

Terbang terbang zigzag

burung merpati dengan gaya terbang zigzag biasanya sangat dihindari oleh para joki dan permainan merpati balap.

karena buruh dengan gaya terbang seperti ini biasanya jarang sekali akan juara. selain jarak tempuh yang lebih panjang (zig-zag) juga burung dengan terbang kayak seperti ini cepat kehabisan energi.

biasanya jika gaya terbang zigzag sudah diketahui saat burung dilatih akan masuk ke dalam burung upcare.

Sifat Merpati Saat Terbang

dari beberapa gaya terbang di atas terdapat beberapa sifat burung merpati terbang. ada burung yang galak, yaitu Selalu berusaha melawan burung lawannya bahkan tidak jarang seperti memukul lawannya.

ada juga burung yang cuek memiliki jalur sendiri jadi saat diterbangkan burung langsung membuat jalur dan tidak peduli dengan lawannya. Saat lomba biasanya burung cuek akan diuntungkan karena tidak terpengaruh dengan burung lawan.

Gaya terbang merpati balap dan sifat terbangnya ini dipengaruhi oleh trah merpati atau keturunan bawaan gen atau bawaan lahir.

Juga pengaruh bentuk fisik, baik itu sayap bentuk, bentuk lar, bentuk badan, bentuk tulangan, serat daging, panjang tubuh, bentuk ekor dan lainnya.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.