trah pada burung merpati

Trah Burung Merpati, Pengertian dan Fungsinya

Trah Merpati – Salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia balap burung merpati yaitu trah. Trah pada burung merpati biasanya sering disebutkan para pemain layaknya identitas atau kartu keluarga.

Lapa sih sebenarnya istilah trah pada burung merpati? Secara bahasa trah adalah “sekelompok individu yang saling memiliki hubungan kekerabatan silsilah satu sama lain Hubungan kekerabatan ini biasanya tidak hanya bersifat biologis tetapi juga bersifat sosial” menurut Wikipedia.

Pengertian Trah Burung Merpati

Secara istilah trah pada burung merpati yaitu sekelompok individu merpati yang saling memiliki hubungan kekerabatan dengan adanya hubungan darah.

Trah merpati biasanya dinisbatkan pada burung yang sudah juara, baik lokal maupun nasional.

Jika pada manusia mungkin trah bisa saja bersifat non biologis atau tidak adanya hubungan darah tetapi pada burung merpati itu tidak berlaku melainkan harus adanya hubungan darah.

Misalnya saja induk dengan anak, kakek dengan cucu, buyut dengan cicit dan seterusnya.

Trah ini membawa karakteristik dari induknya, sehingga sifat dari sang induk. Misalnya saja gaya terbang, warna bulu, ukuran tubuh, bentuk badan, gaya tembak merpati dll.

Semakin dekat hubungan darahnya maka trahnya semakin kental. Belum ada keterangan secara baku sampai berapa generasi dari keturunan masih disebut trah.

Tetapi secara pribadi saya berpendapat mungkin hanya sampai pada cicit dan buyut saja yang masih pantas disebut “ini trah burung anu” misal.

Karena jika terlalu jauh hubungan keluarganya maka akan semakin pudar juga karakteristik induknya dan tercampur dengan karakter merpati lainnya. Kecuali jika kita melakukan perkawinan inbreed pada merpati.

trah pada burung merpati
Gambar burung merpati

Fungsi Trah Merpati

Ada beberapa fungsi atau tujuan mengetahui informasi trah pada burung merpati berikut diantaranya

Kepentingan ternak

Mengetahui silsilah keluarga atau keturunan pada burung merpati sangat penting jika kita ingin beternak atau breeding burung merpati.

Karena dengan mengetahui trah ada burung merpati kita bisa mengatur pasangan yang tepat untuk burung merpati yang akan kita ternak.

Dengan mengetahui silsilah keluarga maka bisa diperkirakan karakter seperti apa burung merpati yang akan kita ternak enggak bisa dicarikan pasangan yang tepat.

Kepentingan pemain

Selain untuk ternak informasi trah pada burung merpati juga berfungsi untuk memperkirakan karakter terbang burung.

Karena keturunan burung merpati akan membawa sifat atau karakteristik dari induknya. Jika indaukannya juara diharapkan keturunannya juga memiliki potensi juara.

Sehingga burung merpati yang akan dilatih berpotensi memiliki bakat juara yang sama seperti pendahulunya.

trah juara burung merpati
Gambar burung merpati

Kepentingan bisnis

Tidak menutup kemungkinan bahwa informasi trah burung merpati juga adalah untuk berbisnis.

Karena burung merpati yang mempunyai trah juara atau silsilah juara yang jelas pasti memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan burung merpati yang tidak jelas keturunanya.

Ini dikarenakan burung merpati keturunan juara berpotensi lebih besar menjadi burung merpati yang bagus tentunya diharapkan akan mudah dilatih dan bisa juara.

Tetapi kita harus berhati-hati karena banyak oknum yang mengatasnamakan trah burung yang terkenal padahal tidak ada hubungan darah sama sekali

Untuk bisa melihat trah pada burung merpati berbagai macam cara mulai dari melihat bentuk fisik, karakter burung, ring burung, dan keterangan peternak sendiri.

Yang paling akurat yaitu dengan cara menanyakan pada peternak atau pada pemain yang memang dipercaya karena bentuk fisik dan karakter burung bisa saja tidak akurat.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.