Mengobati Merpati Snot Coryza, Mata Bengkak Berair, Pilek

Mengobati Merpati Snot Coryza, Mata Bengkak Berair, Pilek

Mengobati Merpati Snot – Penyakit ini biasanya menyerupai pilek pada manusia, tetapi bukan flu burung ya, cuman lendir yang menghalangi saluran nafasnya menyerupai pilek pada manusia.

Snot pada merpati lebih sering ditemukan saat musim penghujan, karena pertumbuhan bakteri snot lebih cepat pada cuaca dingin atau lembab.

Penyakit snot ini menyebabkan mata, hidung, tenggorokan berlendir dan jika sudah parah maka akan terlihat seperti membengkak pada bagian muka atau matanya.

Penyakit ini pada merpati relatif tidak mematikan, artinya hanya penyakit ringan yang menyerang ketika daya tahan tubuh sedang lemah.

Tetapi tetap saja jika dibiarkan bisa mengakibatkan kematian pada burung merpati. Karena mengganggu sistem pernafasan (menghalangi oksigen masuk).

mengobati merpati snot mata bengkak berair
Merpati SNOT Foto : Jibril Loft‎

Cara Mengobati SNOT pada Merpati

Penyebab SNOT Merpati

Hidung berlendir atau snot pada merpati diakibatkan oleh bakteri Coryza atau korisa (Indonesia).

Sifat Coryza Merpati

Menular, terutama kontak langsung minum dalam satu wadah. Jarang mengakibatkan kematian pada merpati, tetapi cukup mematikan bagi ayam dan beberapa burung kicau seperti lovebird dan murai batu, dll.

Gejala SNOT Merpati

  1. Burung kurang bergairah
  2. Mata bengkak dan berair
  3. Hidung basah berlendir
  4. Terkadang terdapat gumpalan seperti keju disekitar mata/tenggorokan
  5. Bulu kusam
  6. Nafsu makan berkurang

Pengobatan SNOT Merpati

Pengobatan merpati yang terkena snot atau bakteri Coryza dilakukan dengan pemberian antibiotik ringan seperti obat yang mengandung ampisilin, amoxilin, kloramfebikol.

Atau bisa juga dengan menggunakan beberapa obat snot di pasaran seperti anti SNOT, trimezyn, THERAPY dll. Dosis terdapat pada kemasan masing-masing. Apapun merk obatnya yang terpenting mengandung antibiotik

Bisa juga menggunakan obat snot alami seperti rebusan air daun sirih, karena daun sirih mengandung antibiotik alami yang cukup ampuh.

Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun sirih sebanyak 5-10 lembar dengan 2 gelas air, rebus sampai menyisakan 1 gelas air.

Gunakan air daun sirih untuk minum merpati, atau bisa juga di spet dan buat mandi saat cuaca cukup cerah.

Tapi pada merpati biasanya snot ini tidak sampai mematikan (kasus ringan), diberikan vitamin atau dibiarkan juga sudah sembuh. Untuk kasus berat maka perlu dilakukan pengobatan karena infeksi pada mata biasanya akan lebih parah.

Pencegahan Korisa Merpati

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan rutin memberi vitamin, asupan makanan yang bergizi, serta air bersih. Cuci kandang, wadah pakan, dan air minum secara rutin dengan sabun.

Lakukan pemberian cuka apel pada merpati secara rutin 1 minggu 1 kali agar kesehatan terjaga selalu.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.