Lar Merpati Apa Pengertianya dan Cara Menghitungnya

Lar Merpati Apa Pengertianya dan Cara Menghitungnya

Lar Merpati – Apa itu pengertian bulu lar? Mungkin pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering ditemukan terutama dilontarkan oleh teman-teman yang baru memelihara merpati.

Mungkin sering terdengar dikalangan para pemain merpati atau penjual merpati yang mengatakan ini burung posisi lar 1, 2, 3, piyik lar 5 dan seterusnya.

Lalu apa pengertian lar merpati tersebut sebenarnya? Baiklah mari kita bahas satu persatu sesuai dengan pemahaman duniahobi.org (kalo ada yang salah tolong ingatkan dengan baik yah hehehe).

Pengertian Lar Merpati

Lar berasal dari bahasa jawa, lar atau elar yang berarti sayap. Ada juga yang mengartikan lar itu helai/buluh.

Lalu penyebutan lar pada merpati berarti menyebutkan posisi helai bulu pada sayap merpati yang sedang tumbuh atau akan berganti. Oke sepertinya masih bingung hehehe.

Jadi begini, sayap burung merpati terdiri dari bulu, dan bulu-bulu pada sayap merpati dibagi menjadi 2, bulu primer dan bulu sekunder. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

istilah bulu lar burung merpati
Bulu lar pada merpati

Terdapat perbedaan bentuk antara bulu primer dan sekunder, seperti ada pemisah antara keduanya. Dari tengah ke ujung disebut bulu primer, dari tengah ke pangkal disebut bulu sekunder.

Jumlah bulu primer ada 10 normalnya, tetapi beberapa merpati ada yang memiliki bulu primer 9, 10, 11, bahkan 12.

Untuk memudahkan kita buat nomer untuk setiap bulu primer, yaitu nomer 1-10, lihat gambar.

bulu primer merpati
Jumlah bulu primer merpati

Bulu primer dan sekunder ini setiap bulan akan berganti satu persatu (kadang 2 sekaligus), dari mulai tengah (pembatas bulu sekunder dan primer) sampai ke ujung. Terus seperti itu berputar selama merpati hidup.

Saat salah satu bulu primer merpati copot terdapat beberapa bulu lainnya yang masih tumbuh. Jumlah bulu yang tumbuh dihitung dari copotnya bulu sampai ke ujung ini yang disebut denan lar.

Misal 10 bulu copot diposisi 10, maka sisa 9 bulu sampai ke ujung, burung disebut lar 9.

Misal lagi 10 bulu copot posisi ke 5, maka dari posisi copot sampai ke ujung sisa 4, maka disebut lar 4, begitu seterusnya.

istilah bulu lar burung merpati
Bulu lar pada merpati

Lalu ada yang bilang piyik lar 3, piyik lar 7 dsb, apa maksudnya? Pengertian piyik pada merpati yaitu saat bulu primer belum berganti keseluruhan, istilahnya belum rampas.

Selama belum rampas burung tersebut disebut dengan piyik, setelah rampas maka burung tersebut dianggap sudah dewasa.

Masih kurang faham? Tonton saja video berikut semoga dengan bideo bisa lebih memudahkan teman-teman https://www.youtube.com/watch?v=HKTBbGKH6Aw

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.