Jamu untuk Memperpanjang Nafas Merpati

Jamu untuk Memperpanjang Nafas Merpati

Jamu Memperpanjang Nafas Merpati – Jamu merupakan salah satu suplemen yang sering digunakan untuk menunjang kinerja pada burung merpati. Jamu ini diberikan sebagai suplemen tambahan agar burung merpati lebih maksimal.

Walaupun jamu sifatnya tidak wajib tetapi agar kinerja merpati semakin baik maka diperlukannya pemberian jamu.

Tetapi jangan salah faham terlebih dahulu, jamu diberikan tujuan utamanya adalah untuk menunjang kinerja, bukan untuk membuat burung semakin bagus, tapi menunjang.

Urusan bagus atau tidaknya burung tergantung pada perawatan, pelatihan, dan bakat burung itu sendiri bukan karena jamu.

Jamu juga berbeda dengan doping, jamu biasanya berasal dari bahan herbal alami yang membutuhkan proses agar bekerja secara optimal. Pemberiannya juga harus rutin dan disiplin agar hasilnya terasa.

Berbeda dengan doping, kalau doping biasanya berasal dari bahan-bahan kimia yang ‘memaksa’ fisik merpati bekerja keras melebihi batas normalnya. Doping sifatnya instan, sekali minum langsung bereaksi, tapi membuat efek ketergantungan dan merusak merpati secara perlahan.

Saya pribadi sangat menghindari penggunaan doping untuk merpati, yang alami saja jamu juga cukup. Bermain merpati itu hobi bukan ambisi, jangan menyiksa burung hanya demi ambisi kita semata.

Oke lanjut kepembahasan jamu merpati nafas panjang. Ada beberapa bahan jamu yang bisa digunakan untuk membuat memperkuat nafas burung merpati.

Jamu sifatnya hanya membantu, sebelumnya perlu diperhatikan juga faktor lainnya bisa dibaca disini : perawatan merpati nafas panjang.

Berikut ini beberapa bahan jamu yang bisa digunakan untuk merpati agar nafasnya bisa semakin panjang.

Jamu Memperpanjang Nafas Merpati

Temu Kunci

Umbi temu kunci atau Fingerroot (Boesenbergia pandurata) merupakan salah satu bahan herbal alami yang bisa digunakan untuk melonggarkan jalur nafas.

Temu kunci dapat meluruhkan dahak, meredakan batuk, dan membuka jalur nafas agar nafas burung merpati semakin kuat dan panjang.

jamu memperpanjang nafas merpati
Bahan jamu memperpanjang nafas merpati

Selain itu temu kunci juga bermanfaat sebagai analgetik dan antipiretik, yaitu berkhasiat sebagai pereda nyeri pada sendi atau badan pegal-pegal dan menjaga fungsi ginjal.

Cakar Ayam

Tumbuhan cakar ayam atau Selaginella doederleinii merupakan salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk memperkuat nafas dan memperpanjang nafas burung merpati.

Tanaman ini berkhasiat untuk menghilangkan panas dan lembab, melancarkan aliran darah, antitoksik, antineoplasma, menghilangkan bengkak. Semakin lancar aliran darah semakin bagus pula suplai oksigen keseluruh tubuh, dan nafas bisa semakin efisien dan panjang.

jamu memperpanjang nafas merpati
jamu memperpanjang nafas merpati

Selain itu Selaginella doederleinii Hieron juga berkhasiat untuk mengatasi batuk, infeksi saluran nafas, radang paru, yang mana ini membuka jalur nafas agar semakin longgar.

Cara Pembuatan Jamu Nafas merpati

Cara pertama umbi temu kunci atau cakar ayam diparut sampai halus dan di ambil airnya. Lalu airnya bisa diberikan pada merpati 1-4 kali dalam seminggu (pemberiannya atur sendiri ya hehehe).

Atau bisa juga dikeringkan lalu di giling halus untuk campuran jamu glintiran yang dicampur dengan bahan lain sesuai kebutuhan.

Pemberian jamu diatas fungsinya hanya mengoptimalkan saja, untuk nafas yang panjang tentu saja perawatan dan pelatihan perlu dilakukan agar hasilnya lebih baik lagi.

Sumber : farmasi UGM

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.