Obat Cacing Merpati Alami Herbal 100%

Obat cacing merpati alami untuk merpati banyak dicari oleh para penghobi merpati. Ini karena obat yang alami dinilai lebih aman, murah, dan mudah didapatkan disekitar kita. Walaupun relatif aman untuk merpati obat cacing sintetis dinilai bisa mengakibatkan sedikit lemas pada merpati sehingga beberapa penghobi lebih memilih menggunakan bahan alami.

Walaupun efek dari obat cacing alami ini kurang kuat jika dibandingkan dengan obat cacing sintetis dan kurang berefek untuk cacing-cacing dewasa apalagi cacing yang sifatnya kuat seperti cacing gelang atau cacing pita, tetapi pemberian obat cacing alami ini fungsinya lebih ke pencegahan dan memberikan ‘lingkungan’ yang kurang ideal untuk cacing berkembang.

Selain itu racikan obat cacing alami ini bisa menghambat pertumbuhan larva cacing. Karena lingkungan tinggal yang tidak ideal untuk cacing dan pertumbuhan larva cacing yang terganggu sehingga cacing dewasa yang ada tidak terlampau ganas dan pertumbuhan cacing baru bisa ditekan dan dapat mengurangi populasi dalam jangka waktu tertentu dengan syarat pemberian rutin.

mengobati merpati cacingan
mengobati merpati cacingan

Selain itu formula ini dapat digunakan sebagai ‘maintenance’ atau formula perawatan lanjutan setelah sebelumnya telah diberi obat cacing sintetis. Karena mau tidak mau sesekali merpati harus diberikan obat cacing sintetis untuk membasmi cacing dewasa dan cacing ganas yang tidak berefek jika menggunakan obat alami. Beru kemudian dilanjutkan dengan penggunaan obat cacing alami.

Lalu apa saja obat cacing alami untuk merpati yang bisa dipakai? Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai.

Obat Cacing Alami Merpati

Daun Pepaya

Ekstrak daun pepaya bisa dipakai sebagai obat cacing atau antelmintik. Daun pepaya ini sudah diteliti secara ilmiah oleh beberapa orang diberbagai perguruan tinggi, dan hasilnya terbukti efektif untuk membasmi atau menghambat pertumbuhan cacing.

Kandungan saponin dan papain pada pepaya ini adalah kedua zat efektif yang bekerja untuk menghambat pertumbuhan cacing. Saponin dapat menurunkan tegangan permukaan sehingga merusak membran sel dan protein sel cacing.

Sedangkan enzim papain dapat melemaskan cacing dengan cara merusak protein tubuh cacing yang ada pada saluran pencernaan sehingga suplai nutrisi pada cacing akan terhambat.

Berikut caranya mengolah daun pepaya untuk mengobati merpati cacingan

  1. Ambil beberapa daun pepaya, bersihkan
  2. Parut, gerus, atau cincang daun sampai halus
  3. Peras sari dari daun pepaya tersebut dan campur sedikit garam krosok (garam kasar)
  4. Berikan sebanyak 3-5ml pada burung merpati dalam keadaan perut kosong (puasakan terlebih dahulu sebelum diberikan)
  5. Berikan selama 2-3 hari berturut-turut
obat cacing alami burung merpati
obat cacing alami burung merpati

Buah Pinang

Buah pinang atau jambe (Areca Catechu) juga bisa dipakai sebagai antelmintik untuk membasmi atau menghambat pertumbuhan cacing. Tanin yang terdapat pada buah pinang atau jambe mampu menghambat enzim dan merusak membran sel pada cacing.

Berikut caranya mengolah buah pinang untuk mengobati merpati cacingan

  1. Ambil buah pinang secukupnya (1 buah pinang bisa untuk 4-5 ekor).
  2. Potong bagi 4-8 bagian kira-kira sebesar biji kacang tanah, potongan buah pinang sedikit digeprek untuk mempermudah penyerapan
  3. Berikan pada merpati saat perut kosong (puasakan paginya sampai siang atau hanya beri minum, siang baru beri buah pinang) dengan cara diloloh langsung (disuap)
  4. Selain diberikan langsung buah pinang jg bisa diolah dengan cara direbus atau diblender untuk kemudian dilolohkan.

Temu Putih

Zat aktif saponin dan tanin pada temu putih (Curcuma mangga Val.) atau temu mangga (kunyit mangga) juga bisa digunakan sebagai bahan pembasmi cacing atau antelmintik.

Cara pengolahanya sebagai berikut

  1. Siapkan beberapa rimpang temu putih/temu mangga
  2. Parut atau gerus sampai halus
  3. Saring dan ambil airnya
  4. Berikan sebanyak 3-5ml pada merpati
  5. Berikan selama 2-3 hari berturut-turut

Obat Cacing Merpati Alami Lainnya

Selain bahan diatas yang saya sebutkan ada lagi beberapa bahan yang bisa dipakai dan cara pemberiannya disesuaikan dengan bahan yang ada. Ada yang diperas ambil airnya, ada yang dicincang direbus dan berikan airnya ada juga yang diberikan langsung pada burung.

Beberapa bahan diantaranya adalah Biji pare (Momordica charantia L.), buah mengkudu (Morinda citrifolia), daun singkong (Manihot uttilissima), biji alpukat (Persea americana Mill), daun katuk (Sauropus androgynus L. Merr), bawang putih (Allium sativum) dan getah gambir (Uncaria gambir Roxb).

Tetapi pemberian obat cacing alami ini akan lebih baik jika sebelumnya diberikan juga obat cacing buatan untuk membasmi cacing secara total. Bahan alami bisa dipakai untuk melanjutkan ke perawatan setelah sebelumnya telah diberikan obat cacing buatan.

Obat cacing rekomendasi untuk merpati adalah VERMIPASS produksi dunia hobi yang dapat membasmi berbagai jenis cacing pada merpati secara tuntas. Bisa dibeli di toko online seperti shopee, tokopedia, atau bukalapak.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.