Dasar Pengobatan Burung Merpati Secara Umum

Dasar Pengobatan Burung Merpati Secara Umum

Mengobati Burung Merpati – Sebelum memulai melakukan pengobatan pada burung merpati sebaiknya diketahui dulu kaidah-kaidah dasar dalam pengobatan.

Semua penyakit secara umum dan khususnya pada burung merpati diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Pengobatan yang dilakukan pun harus tepat sesuai dengan penyebab penyakit tersebut. Jangan sampai salah Dalam memberikan obat. Bukannya mengobati membuat kondisi burung semakin parah.

Atau asal-asalan memberikan obat-obatan dan herbal yang sebenarnya tidak nyambung dengan penyakit yang diderita oleh merpati.

Dari penyebab penyakit di atas secara umum bisa diobati dengan cara berikut

Pengobatan Burung Merpati Secara Umum

Mengobati Penyakit Merpati yang Diakibatkan Jamur

Penyakit merpati yang diakibatkan oleh jamur misalnya saja keracunan bisa disembuhkan dengan pemberian anti-jamur atau anti-fungi.

Di apotek sudah banyak obat anti jamur yang bisa kita berikan atau jika menginginkan menggunakan obat alami bisa menggunakan perasan daun sirih karena daun sirih mengandung anti jamur alami.

Mengobati Penyakit Merpati yang Diakibatkan Bakteri

Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini jumlahnya paling banyak dan lebih sering muncul. Misalnya saja berak hijau, snot, mencret, ngorok, goham dll.

Obat cacing merpati yang bagus
Gambar merpati sakit – Obat cacing merpati yang bagus. Foto pixabay.com

Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri cara pengobatannya yaitu diberikan anti bakteri atau antibiotik. Pencegahannya bisa dengan memberikan probiotik.

Pemberian probiotik juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang diakibatkan oleh bakteri saat infeksi penyakit masih belum parah

Cara kerja antibiotik tidak secara langsung membunuh bakteri mainkan menciptakan lingkungan yang tidak menguntungkan untuk bakteri sehingga bakteri dengan sendirinya akan mati.

Antibiotik sudah banyak sekali beredar di pasaran untuk manusia maupun khusus untuk merpati. jika menggunakan antibiotik untuk manusia tentunya perlu dilakukan penyesuaian dosis

Mengobati Penyakit Merpati yang Diakibatkan Virus

Penyakit yang diakibatkan oleh virus bisa dibilang cukup merepotkan. Karena penyakit yang diakibatkan oleh virus sebenarnya tidak bisa disembuhkan dengan obat (tidak ada obatnya).

cara mengobati burung tetelo
Gambar Merpati Tetelo Telo ND Foto : Ahrs Denggil

Penyakit yang diakibatkan oleh virus bisa sembuh atau diatasi hanya dengan peranan antibodi atau daya tahan tubuh dari burung merpati itu sendiri.

Pemberian obat-obatan, suplemen, dan vitamin pada burung yang sedang terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus bertujuan untuk meminimalisir serangan dari penyakit lain dan membuat tubuh burung merpati semakin fit sehingga bisa melawan yang menginfeksi virus.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus misalnya tetelo atau Newcastle disease ND, patek atau pigeon Pox, dll.

Cara terbaik untuk mengobati merpati yang terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus yaitu dengan melakukan pencegahan.

Pencegahannya yaitu dengan melakukan vaksin pada merpati. Tujuannya agar sistem imun pada burung merpati mempunyai kekebalan terhadap virus tertentu.

Penyakit Merpati yang Diakibatkan Parasit

Penyakit yang diakibatkan oleh parasit umumnya lebih terlihat jelas. Misalnya saja terkena infeksi cacing dan kutu.

Terlihat jelas parasit yang menyerang dan pengobatannya pun relatif lebih mudah. Pengobatan untuk penyakit yang disebabkan oleh parasit disesuaikan dengan parasit yang menyerang.

Misalnya saja obat cacing untuk merpati yang terkena cacingan dan obat kutu atau sampo merpati yang terserang kutu.

Demikianlah gambaran dasar untuk mengobati penyakit pada merpati. Stop penggunaan obat-obatan yang asal-asalan. Padahal kita sendiri belum tahu isi dan manfaat obat tersebut.

Kenali terlebih dahulu penyebab penyakitnya, dan gunakan obat yang tepat agar peluang merpati sembuh lebih besar.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.