Menjinakan Burung Merpati yang Giras atau Liar dg Cepat

Menjinakan Burung Merpati yang Giras atau Liar dg Cepat

Menjinakan Burung Merpati – Jinak-jinak burung merpati, begitu bunyi salah satu pepatah yang mungkin sering kita dengar. Walaupun jinak tetapi burung merpati masih waspada atau menjaga jarak.

Tapi itu cuman pepatah kok hehe, aslinya burung merpati bisa jinak sejinak-jinaknya bahkan bisa ditangkap dengan mudah menggunakan tangan kosong. Gimana caranya? Yuk kita bahas sedikit dibawah.

Burung merpati selayaknya makhluk hidup mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda setiap individunya. Ada yang jinak ada yang liar atau giras.

Burung merpati yang liar atau giras mungkin bisa menjadi salah satu kendala dalam memelihara burung merpati.

Pertama burung mudah stres, karena sering ketakutan jika didekati yang membuat burung akhirnya tidak mau giring, makan kurang lahap, dan bisa sampai mengakibatkan kesehatanya terganggu.

Atau jika giring pun merpati yang liar akan mengganggu karena masih takut tangan dan tidak mau hinggap ke betinanya.

Bagi teman-teman yang belum terbiasa memelihara merpati mungkin akan kebingungan untuk mengatasinya. Tapi jangan takut duniahobi.org akan memberikan beberapa tips dan trik untuk menjinakan burung merpati dengan mudah.

cara menjinakan merpati liar
Menjinakan merpati giras

Cara Menjinakan Burung Merpati

Berikut ini beberapa tips dan trik menjinakan burung merpati

1. Perlakukan dengan baik

Burung merpati merupakan makhluk hidup, mempunyai rasa. Pertama perlakukan dengan baik. Saat memegang atau menangkap merpati usahakan lembut tidak kasar, apalagi melakukan kekerasan atau menakut-nakuti.

Karena jika dikasari burung merpati akan ingat dan takut sehingga merpati akan kabur jika melihat kita, burung sulit untuk percaya pada kita karena takut dikasari lagi.

2. Sering dimandikan

Burung merpati yang terlampau giras atau liar memang menjengkelkan, salah satu caranya yaitu dengan rajin memandikan burung merpati sampai basah kuyup.

Dengan memandikan burung merpati maka burung akan lebih tenang dan tidak gelabakan saat kita dekati.

Waktu memandikannya bebas, bisa pagi, sore, atau malam (jika burung sangat giras atau liar).

3. Atur pola makan

Kunci utama agar burung merpati jinak pada kita adalah dengan membuat merpati percaya bahwa kita bukan ancaman, sehingga ketika didekati merpati tidak takut.

Salah satu cara agar merpati percaya pada kita yaitu dengan memberikan makanan. Atur pola makan merpati 1 hari sekali sore hari.

Dengan begitu burung akan lapar dan ketika diberi makan burung akan tahu bahwa kita orang baik yang memberi makan, bukan ancaman.

Saat memberi makan juga berikan suara khas tersendiri, misal dengan bersiul, mengoyang-goyang wadah jagung, atau lainnya. Ini bertujuan agar merpati tahu jika ada suara tersebut berarti saatnya makan.

Suatu saat setelah percaya pada kita merpati akan mendekati kita saat mendengar suara tersebut. Jangan lupa ambil sisa makanan dikandang jika tidak habis.

4. Sabar dalam menjinakan merpati

Dalam menjinakan merpati tidak ada ukuran waktu berapa lama burung akan jinak. Karena setiap burung berbeda-beda tergantung karakter, lingkungan, dan perawatannya.

oleh karena itu kita harus sabar terus berikan perawatan terbaik agar merpati bisa cepat jinak.

5. Pelihara lebih dari sepasang

Memelihara merpati lebih dari satu pasang juga bisa mempercepat proses penjinakan. Karena merpati salah satu burung yang suka berkoloni dan jika ada teman maka burung merasa lebih aman dan nyaman.

Nah itulah beberapa tips dan trik menjinakan burung merpati dengan mudah yang bisa dilakukan oleh pemula.

Download aplikasi merpati pro untuk perawatan yang lebih lengkap.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.