Pola Pemberian Makan Burung Merpati Terbaik Agar Disiplin

Pola Pemberian Makan Burung Merpati Terbaik Agar Disiplin

Pemberian Makan Merpati – Selain makanan burung merpati, kita juga perlu memperhatikan pola pemberian makan pada burung merpati.

Pola makan ini sangat penting bagi burung, terutama bagi burung yang akan dimainkan (player untuk lomba). Selain harus teratur juga harus mencukupi angka kebutuhan gizi harian pada merpati.

Selain itu agar pola makan merpati sangat berguna untuk mengatur agar burung saat dimainkan tidak terlalu kekenyangan atau tidak terlalu lapar dan akhirnya kurang maksimal.

Pola pemberian makan pada merpati ada beberapa cara yang bisa digunakan, kuran lebih ada 3 pola yang umumnya dipakai. Berikut ini pola bisa diterapkan di kandang masing-masing.

pola pemberian makan pada burung merpati
Pemberian makan pada burung merpati

Pilih pola makan merpati sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

DOWNLOAD Aplikasi MerpatiPro : Merpati Pro Playstore

Pola Makan Burung Merpati

Pola Makan Merpati 1

Pola makan pada merpati dilakukan 1 kali sehari setiap sore. Pemberian makan sampai kenyang setiap sore atau 1 hari sekali.

Biasanya burung akan sangat lahap dalam makan dan penurut pada majikannya, cocok untuk burung yang sebagian besar diumbar diluar kandang dan mempunyai waktu luang di sore hari.

Pola Makan Merpati 2

Pemberian makan 2 kali sehari, pagi dan sore. Untuk pagi bisa diberikan setengah porsi atau hanya sekedarnya saja (satu burung satu tutup botol jagung) + kacang tanah 5-10 butir setelah jemur pagi.

Dan juga sebagai asupan energi untuk burung saat terbang nantinya. Sore hari diberi makan full sampai kenyang diberikan setelah pulang latihan di sore hari, selalu ambil sisa makanan yang berada dikandang.

Cocok untuk burung merpati player yang dimainkan dan sebagaian besar berada di kandang gupon dan lapangan. Pemberian makan pagi (sarapan) bertujuan agar burung tidak lapar ketika berada dilapangan untuk dimainkan.

Pola Makan 3

Makanan harus selalu tersedia dikandang. Cocok untuk burung indukan yang sedang meloloh atau burung yang sedang istirahat full dikandang.

Itulah tadi beberapa pola pemberian makan pada burung merpati. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan karakter burung masing-masing.

Setiap kandang bisa berbeda-beda perawatannya, saya tidak tahu mana yang cocok dengan kandang masing-masing. Silahkan dipilih sesuai kebutuhannya.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.