Cara Melatih Nafas Merpati Agar Kuat Panjang Tahan Lama

Cara Melatih Nafas Merpati Agar Kuat Panjang Tahan Lama

Melatih Nafas Merpati – Nafas burung merpati yang kuat, panjang, dan tahan lama tentunya sangat penting bagi teman-teman penghobi merpati, terutama yang mengikuti lomba.

Semakin panjang dan kuat nafas merpati tentu akan semakin besar asupan energi untuk terbang, jarak terbang bisa semakin jauh, frekuensi lepasan bisa bertambah sering.

Dan diharapkan bisa menambah kecepatan terbang pada merpati seingga bisa menjadi juara ketika berlomba.

Kekuatan nafas pada merpati dipengaruhi dari faktor genetik (bakat), perawatan, dan juga suplemen. Berikut ini penjelasan secara rincinya.

Melatih Nafas Merpati Agar Kuat Panjang Tahan Lama

Faktor genetik

Bakat bawaan lahir atau faktor genetik ini tidak bisa kita rubah. Faktor ini dipengaruhi oleh karakter kedua indukan pada merpati tersebut.

Merpati yang mempunyai bakat nafas bagus biasanya ditandai dengan bentuk tubuh yang ngejantung dengan pinggang yang lebar berisi.

Karena ini menandakan besarnya pundi-pundi udara yang terdapat pada merpati tersebut. Kemampuan memilih merpati yang bagus sangat mempengaruhi.

Seperti yang kita ketahui pundi-pundi udara atau air sac merupakan salah satu organ yang digunakan burung untuk membantu bernafas ketika terbang.

Organ pundi-pundi udara yang besar, sehat, dan baik tentunya akan membantu proses pernafasan pada burung merpati, sehingga bisa lebih kuat dan panjang.

Faktor Perawatan Melatih Nafas Merpati

Penjemuran

Menjemur burung merpati secara rutin setiap pagi pada terik matahari sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

Semakin lancar peredaran darah maka semakin optimal distribusi oksigen keseluruh tubuh sehingga nafas akan semakin panjang dan kuat.

Selain itu panas pagi juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang karena mengandung vitamin D.

Latihan fisik

Latihan fisik untuk saya pribadi merupakan yang utama. Melatih fisik burung merpati paling efektif untuk memperkuat nafasnya.

Semakin baik fisiknya, semakin efisien penggunaan oksigen sehingga bisa memperkuat dan memperpanjang nafas.

Melatih nafas merpati bisa dimulai dari jarak dekat terlebih dahulu, mundur sedikit demi sedikit sampai jarak tertentu.

Selain itu perlu diperhatikan porsi latihan agar tidak terlalu membebani burung yang mengakibatkan kerusakan pada ototnya.

Faktor Suplemen dan Jamu

Suplemen dan jamu ini sifatnya hanya opsional tidak wajib, tetapi diperlukan untuk mengoptimalkan keseluruhan dari hasil latihan dan bakatnya.

Suplemen wajib untuk meningkatkan nafas yaitu penambah darah. Seperti sangobion, livron, dll.

Berikan pada merpati saat istirahat mengeram satu minggu 2-3 kali. Pemberiannya harus rutin selama mengeram. Efek dari suplemen penambah darah ini cukup lama, karena menungu matangnya hemoglobin.

Kenapa diberikan suplemen penambah darah? Karena dalam sistem pernafasan yang mengangkut oksigen keseluruh tubuh adalah darah, tepatnya hemoglobin.

Jika burung kekurangan hemoglobin tentunya burung akan cepat lemas, kurang gairah, dan tidak bertenaga karena kurangnya asupan oksigen.

Oleh karena itu pemberian suplemen penambah darah merupakan termasuk suplemen wajib bagi pemain merpati.

Selain hemoglobin jamu juga diperlukan untuk membuka jalur nafas burung merpati. Silahkan baca racikan : jamu untuk memperpanjang nafas merpati

Bagi yang malas membaca bisa nonton video penjelasannya dibawah ini. Youtube nafas merpati.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.