Cara Mengobati Merpati Telo Sampai Tuntas

Mengobati merpati telo termasuk susah-susah gampang. Karena sebenarnya beberapa kasus merpati telo bisa sembuh dengan sendirinya jika infeksi yang terjadi masih tergolong ringan dan daya tahan tubuh burung bagus. Tetapi terkadang juga sulit jika sudah terjadi serangan yang parah, tidak dapat kembali normal dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Pada artikel ini saya akan jelaskan semua yang berkaitan tentang telo pada burung merpati. Ini bersumber dari artikel ilmiah yang saya baca, sharing dengan beberapa senior merpati, dokter hewan, dan hasil uji coba saya sendiri di kandang.

Jika ada bagian yang saya sampaikan kurang tepat (secara ilmiah) harap dimaklumi karena saya bukan dokter hewan, hanya praktisi atau penghobi yang setiap hari bergelut dengan merpati.

Pengertian Merpati Telo

Telo atau tetelo adalah kondisi dimana burung merpati mengalami kesulitan dalam mengontrol syaraf motorik tubuhnya, sehingga burung akan sempoyongan, sulit terbang, sensitif terhadap cahaya, kepala melintir berputar, atau kepala geleng-geleng.

Telo atau tetelo pada burung merpati bukan merupakan penyakit utama. Telo lebih tepat disebut gejala yang menyertai suatu penyakit. Karena ada beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan burung merpati mengalami gejala telo.

Analoginya seperti demam pada manusia, manusia bisa demam ketika flu, batuk, radang tenggorokan, tipes, dll. Penyakit yang membuat demamnya berbeda-beda tetapi gejala sakitnya sama yaitu demam.

Demam merupakan gejala yang timbul karena sakit tertentu, begitupun dengan telo yaitu gejala yang timbul karena burung mengalami sakit tertentu.

Telo pada merpati umumnya ada 2 macam, pertama telo yang heboh sampai membuat burung melintir-melintir kepalanya. Yang kedua telo yang hanya membuat kepala merpati bergetar gedeg-gedeg.

Umumnya telo yang membuat burung sampai melintir yang lebih mudah untuk disembuhkan dibanding yang hanya gedeg-gedeg saja.

Penyebab Gejala Telo

Gejala telo timbul karena ada infeksi/peradangan/penyumbatan pada syaraf atau pembuluh darah akibat dari serangan penyakit tertentu sehingga burung kesulitan mengontrol geraknya (muntir, geleng-geleng, sulit terbang dan lain sebagainya).

Peradangan dan penyumbatan ini seringnya terjadi di batang leher sampai ke otak. Karenanya beberapa burung akan terlihat gumpalan darah beku yang membiru dibagian leher.

Penyakit yang dapat menyebabkan telo ada beberapa seperti ND (newcastle deseases), salmonela, kolera, serangan jamur, atau bahkan trauma karena benturan, dll.

Secara garis besar penyebab telo bisa terjadi karena serangan virus, bakteri, jamur, dan benturan fisik. Dari ke 4 penyebab tersebut memiliki beberapa karakteristik atau ciri tertentu diantaranya

Telo Karena Virus

Virus yang menyerang sistem syaraf dan pembuluh darah otak pada merpati adalah virus PPMV (PMV-1) atau pigeon paramyxovirus dan nama penyakitnya disebut ND (newcastle deseases).

Telo karena virus ini yang paling ditakuti para penghobi, pasalnya tingkat kematian atau mortalitas yang cukup besar bisa mencapai 90% dari populasi kandang keseluruhan.

Ciri telo karena serangan virus antara lain :

  • Penularan cepat berkisar 2-7 hari.
  • Infeksi terjadi seperti mendadak, tidak ada gejala sakit sebelumnya.
  • 100% telonya membuat kepala muntir.
  • Tingkat kematian tinggi 40-100% populasi kandang.

Telo Karena Bakteri

Telo karena bakteri tidak “mendadak” seperti virus dan cenderung ada peringatan sebelumnya atau burung terlihat sakit dulu. Tapi infeksi bakteri ini lebih sangat sering terjadi.

Beberapa penyakit atau bakteri yang sering menyerang dan mengakibatkan telo diantaranya salmonella, kolera tetapi penyakit lain juga terkadang mengikutinya seperti ngorok batuk flu (CRD) goham dan lainnya.

Ciri telo karena bakteri :

  • Penularan tidak terlalu cepat kisaran 5-14 hari.
  • Adanya peringatan seperti burung terlihat sakit sebelum terjadi infeksi telo.
  • Kotoran berlendir, kental, berbau amis, terkadang terlihat seperti cendol.
  • Nafsu makan burung menurun.
  • Bulu terlihat kusam dan berdiri.
mengobati merpati telo

Telo Karena Jamur

Telo karena jamur ini jarang mengakibatkan kematian, tetapi hanya geleng-geleng saja atau hanya mengakibatkan telo atau tengleng.

Ciri telo karena jamur :

  • Penularan tidak lambat bahkan jarang menular.
  • Burung masih seperti biasa tetapi kepalanya saja melintir (gejala telo)
  • Relatif sedikit yang kena dalam satu populasi

Telo Karena Trauma

Trauma atau benturan keras juga dapat mengakibatkan burung telo atau tengleng. Terutama benturan dikepala secara langsung. Pernah kejadian satu burung piyik dikandang saya nabrak kaca dan itu mengakibatkan burung melintir (telo).

Ciri telo karena trauma :

  • Tidak menular
  • Terjadi karena sebelumnya mengalami benturan keras

Cara Mengobati Telo

Untuk mengobati telo pada awalnya kita harus menyembuhkan dahulu penyebab gejalanya atau kita sembuhkan dulu penyakit yang bikin burung jadi telo baru kita obati gejala telonya.

Karena jika penyakit penyebab telonya tidak dihilangkan terlebih dahulu maka kemungkinan burung lain akan tertular sangat besar, juga akan memperparah tingkat infeksi dari penyakit tersebut jika tidak segera ditangani terlebih dahulu. Yang mana justru akan membuat kita semakin sulit untuk mengobati gejala telonya.

Mengobati Telo Karena Virus

Jika indikasi terkena virus (PPMV-1) atau penyakit ND maka hal pertama adalah isolasi burung yang sakit, lalu berikan larutan gula+sedikit garam dan berikan vitamin agar kondisi tubuhnya dapat melawan virus dengan sendirinya.

Karena jika penyebabnya adalah virus maka tidak ada obatnya, melainkan hanya antibody pada burung tersebut yang bisa melawan virus. Jika burung berhasil melewati 7 hari maka bisa diambil kesimpulan burung tersebut punya antibody yang kuat dan selamat dari penyakit ND.

Dan jika sudah lebih dari 14 hari maka burung sudah tidak akan menularkan penyakit pada burung lainya (setelah 14 hari umumnya sudah aman telonya tidak akan nular). Lalu baru kita bisa lanjut untuk mengobati gejala telonya.

Mengobati Telo Karena Bakteri

Tetapi jika indikasi terkena bakteri maka obati dengan antibiotik yang tepat sesuai dengan sakitnya. Beberapa merk antibiotik rekomendasi saya adalah therapy dari medion, prazone dari all star, dan baytril bayer.

Antibiotik diatas cukup efektif untuk mengobati infeksi bakteri salmonella, kolera (Fowl cholera/berak ijo), atau Pullorum (berak kapur), CRD (ngorok). Berikan selama 3-5 hari lalu baru kita lanjut ke pengobatan mengatasi telonya.

Mengobati Telo Karena Jamur

Jika indikasi terkena jamur maka obati terlebih dahulu dengan obat anti jamur (merk Nystatin bisa dicari di apotik) dengan dosis 3 tetes /hari /ekor selama 3-5 hari baru lanjut terapi untuk menghilangkan geleng-gelengnya.

Mengobati Telo Karena Benturan

Jika telo terjadi karena benturan keras atau trauma maka terlebih dahulu obati luka akibat benturanya. Misal terjadi bengkak maka obati dlu bengkaknya dengan dioles salep atau di bubuh parutan jahe.

Jika terjadi luka luar (berdarah) atau lainya maka obati terlebih dahulu dengan antiseptik dan lainya. Baru obati gejala telonya.

Cara Mengobati Gejala Tetelo Merpati

Setelah menghilangkan penyebab utama dari tetelo selanjutnya kita obati gejala telonya (gejala muter muntir dan lain sebagainya) dengan cara sebagai berikut :

1. Cabut bulu leher

Pertama kita cabut terlebih dahulu bulu leher pada burung, untuk melihat apakah ada darah membeku dibagian leher. Karena darah beku ini yang menghambat syaraf sehingga burung mengalami telo.

Jika ada darah menggumpal di leher maka dikeluarkan dengan cara disuntik jarum steril (menggunakan jarum suntik akan lebih baik). Keluarkan darah menggumpal ini secara perlahan dan hati-hati.

2. Berikan obat syaraf

Setelah dicabut bulu lehernya bisa diberikan obat syaraf untuk memperbaiki koordinasi syarafnya. Seperti neurobion dengan dosis 1 tablet dibagi 8 bagian, berikan setiap hari selama 30-40 hari atau sampai burung terlihat lebih baik.

3. Berikan obat telo merpati

Dipasaran juga terdapat beberapa obat telo untuk burung merpati. Kita bisa memberikanya. Untuk rekomendasi saya menggunakan merk antelo dari duniahobi.org.

Beli Antelo : Obat telo merpati

4. Sabar

Untuk mengobati telo tidak praktis diberi obat dan terapi bim salabim abra kadabra langsung sembuh. Melainkan ada tahapan proses pengobatan yang lumayan lama dan juga hasilnya bisa berbeda-beda tergantung kondisi burungya juga.

Video Mengobati Merpati Telo

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.