Jenis Permainan Burung Merpati yang Populer di Indonesia

Jenis Permainan Burung Merpati yang Populer di Indonesia

Jenis Permainan Burung MerpatBurung merpati atau burung dara merupakan salah satu burung yang populer dipelihara di Indonesia.

Burung ini biasanya dipelihara untuk diadu ketangkasan terbangnya, terutama untuk di adu kecepatan terbangnya.

Di Indonesia ada beberapa jenis permainan merpati yang bisa ditemukan. Beberapa permainan merpati yang populer yaitu merpati balap, merpati tinggi ( tomprang, kolong), merpati pos, dan merpati kentong.

Walaupun semuanya sama di adu kecepatan terbangnya tetapi ada perbedaan peraturan diantara permainan merpati tersebut.

Jenis Permainan Burung Merpati

Permainan Merpati Balap Sprint

Merpati balap sprint adalah permainan merpati yang mana burung diadu kecepatan terbangnya secara lurus dengan jarak lepasan mulai dari jarak pendek 300-500, jarak sedang 500-700, jarak jauh 700-1200 Meter.

Cocok dilakukan diarea yang luas dan biasanya area sawah, pinggir pantai, atau lapangan udara.

jenis permainan merpati balap
jenis permainan merpati balap

Jarak lepasan dan geberan biasanya saling berhadapan lurus, atau masih saling bisa melihat antara joki geber dan pelepas. Merpati balap sprint ini Ibarat lari sprint pada pada cabang olahraga.

Peraturan sederhananya burung yang lebih dahulu sampai nempel ke betina/ditangkap joki dialah yang menang (tidak jatuh atau jeblos).

Merpati balap di Indonesia dinaungi oleh organisasi resmi yaitu PPMBSI (Persatuan Penggemar Merpati Balap Sprint Indonesia) sebagai wadah para penghobi dan juga penyelenggara lomba tingkat daerah maupun nasional yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Permainan Merpati Kolong

Merpati kolong termasuk kedalam jenis merpati tinggi, yaitu burung merpati yang diadu terbangnya diketinggian baik kecepatan maupun manuver terbangnya.

jenis permainan merpati kolong
Jenis permainan merpati kolong 2 Foto : KNK Jakarta

Pada merpati kolong terdapat tiang yang terdapat tali yang berbentuk persegi diatasnya yang mana merpati datang sebisa mungkin harus melalui tengah dari persegi tersebut atau disebut kolong.

Merpati kolong ada dua jenis pertama kolong bebas, kedua kolong meja. Pada merpati kolong meja disediakan meja didepan joki geber tempat burung mendarat nantinya. Sedangkan kolong bebas tidak terdapat meja, melainkan langsung dasar tanah.

Peraturan sederhananya burung yang terlebih dahulu sampai menyentuh dasar atau tanah (kolong bebas) atau meja (kolong meja) dan berhasil melewati tali kolong diatas dialah yang menang.

Jarak lepasan merpati kolong berkisar antara 1-2 km, lepasan dan patek atau kolongnya biasanya tidak saling terlihat. Cocok dimainkan ditempat yang terbatas luas wilayahnya seperti diperkotaan.

Permainan Merpati Tomprang

Merpati tomprang termasuk kedalam jenis merpati tinggi. Perbedaanya dengan merpati kolong yaitu jarak lepasang dan patek tempat gebernya.

jenis permainan merpati tomprang
jenis permainan merpati tomprang

Pada merati tomprang tidak terdapat tiang atau tali, melainkan hanya area geber untuk mendarat burung (seperti merpati balap hanya lebih luas areanya). Jarak lepasan juga cukup jauh lebih dari 2km atau sekitar 4-7km tergantung sikon.

Peraturan sederhananya siapa yang lebih dahulu sampai patek (tanah) dialah yang menang. Ini ibarat burung balap tapi dengan jarak lepasan yang cukup jauh.

Merpati Pos

Permainan merpati pos ini berasal dari luar negeri. Yaitu dimana burung dilepaskan dijarak yang cukup jauh ratusan sampai ribuan km dan biasanya dilakukan berkelompok.

Merpati yang digunakan juga berbeda dengan merpati tinggi atau balap, melainkan merpati pos yang postur tubuh lebih besar, homing (hafal rumah) lebih kuat, juga stamina yang baik.

Singkatnya burung dilepas pada jarak tertentu dan siapa yang waktu tempuhnya lebih kecil dialah yang menang.

Terdapat perhitungan jarak, waktu, dan kecepatan berdasarkan koordinat lepasan dan kandang masing-masing.

Merpati pos tidak digeber, melainkan mengandalkan kemampuan homing atau insting pulang ke rumahnya. Merpati ini mampu terbang berhari-hari untuk sampai ke rumah. Tentunya dengan istirahat, makan, minum di alam.

Merpati Kentong

Permainan merpati kentong mirip dengan merpati pos hanya saja menggunakan jenis merpati biasa seperti merpati kolong atau balap dan jarak mencapai puluhan km. Burung ini juga dilombakan secara berkelompok.

merpati kentongan
Jenis permainan merpati kentongan Foto : Lhiuu Speed‎

Singkatnya burung yang sampai rumah terlebih dahulu dialah yang menang. Sesaat setelah burung sampai di rumahnya maka pemilik memukul kentongan dari bambu atau kayu yang menandakan burung telah sampai kandang.

Permainan ini biasanya dimainkan dengan rumah yang berdekatan agar bisa saling melihat dan jarak lepasan yang sama.

Dari beberapa jenis permainan merpati diatas semuanya tentu memiliki keunikan dan keseruan masing-masing yang tidak bisa dibandingkan mana yang lebih baik.

Semuanya baik berdasarkan permainannya masing-masing, jadi jangan sampai ada stigma ini yang terbaik itu yang terbaik, kita semua sama penghobi merpati salam guyub rukun.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.