Jenis Kandang Burung Merpati dan Kegunaannya

Jenis Kandang Burung Merpati dan Kegunaannya

Jenis Kandang Burung Merpati – Kandang burung merupakan salah satu syarat wajib yang dibutuhkan untuk memelihara burung merpati.

Kandang selain digunakan untuk tempat tinggal merpati juga digunakan untuk tempat berkembangbiak, setingan burung saat giring, tempat menjodohkan burung merpati, dll.

Jadi segala sesuatu tentang merpati ini dilakukan dengan bantuan kandang. Tanpa adanya kandang yang baik kita tentunya tidak bisa memaksimalkan perawatan, terutama saat burung sedang giring/keket.

Berikut beberapa jenis kandang burung merpati yang ideal yang biasa dipakai para penghobi.

Macam-Macam Kandang merpati

Kandang Merpati Gupon/Pegupon

Digunakan untuk tempat tinggal burung merpati. Biasanya terbuat dari kayu triplex, atau papan kayu yang bisa dibuka tutup.

Ada gupon sederhana yang hanya bisa dibuat keluar masuk burung ada juga gupon merpati yang bagus dan lengkap.

kandang gupon merpati
Gambar kandang gupon merpati Foto : https://www.facebook.com/dede.rizky.3975012

Terdapat juga wadah kotoran dibawahnya agar kandang mudah untuk dibersihkan. Pintu yang bisa dibuka dan ditutup serta sudah dicat dengan warna sedemikian rupa.

Ukuran kandang gupon berbeda-beda ada yang berukuran kecil, sedang, sampai besar. Tetapi tinggi kandang gupon tidak melebihi 40cm, ini berguna agar mencegah burung kawin didalam gupon sebelum burung dimainkan.

Ukuran kandang gupon kecil PxLxT 35x30x30, ukuran gupon sedang 40x35x30, 40x35x35, 40x40x35, 45x35x35 ukuran besar 45x40x35, 50x40x35, 50x45x40 dan kombinasi dari itu.

Cara membuat gupon merpati : https://www.youtube.com/watch?v=J5sABExaJmI

Jenis Kandang Gupon + Kandang Macan

Kandang macan atau kandang kerangkeng ini fungsinya agar burung bisa diumbar di dalam kandang. Serta agar burung merasa leluasa untuk kawin dan makan di dalam kandang tanpa diganggu burung atau binatang lainnya.

Kandang merpati kandang macan + gupon
Gambar kandang merpati kandang macan + gupon Foto : https://www.facebook.com/ekox.jethiz

Kandang macan dan pegupon merupakan kombinasi kandang terbaik. Yang mana bisa memaksimalkan perawatan dan pelatihan pada burung merpati.

kandang ram merpati
Gambar kandang merpati jenis kandang macan Foto : https://www.facebook.com/andry.angga

Ukuran kandang macan kecil PxLxT 40x60x60, sedang 50x60x60, 60x60x70 besar 70x70x70, 80x80x70 dan kombinasi dari itu semua.

Kandang Umbaran

Kandang umbaran digunakan untuk mengumbar burung muda atau piyikan. Tujuannya agar burung bisa leluasa terbang dengan bebas sehingga sayap tidak kaku.

kandang umbaran
Gambar kandang umbaran burung merpati Foto : https://www.facebook.com/nikesjt.birdfarm

Selain itu burung juga tidak terbang jauh yang bisa mengakibatkan burung kabur dari kandang atau dicuri orang. Terlebih jika burung merpati tersebut merupakan salah satu merpati yang istimewa.

Ukuran kandang umbaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan saja. Karena sifatnya hanya opsional atau sesuai kebutuhan masing-masing.

This post was written by Habibi

Salah satu penghobi burung merpati

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.